Tips Belajar Akuntansi
Senin, 06 Maret 2017 - 04:15:46
Kategori : Umum | [142 Dibaca]
Oleh: Winda Fandella

Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang pelaporan keungan. Akuntansi telah dipelajari oleh sebagian siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dipelajari secara intensif di Sekolah Menengah Atas (SMA) juga perguruan tinggi.
Di sekolah Menengah Atas (SMA) akuntansi dipelajari oleh siswa-siswi program studi IPS yakni sebagai bagian dari ilmu ekonomi. Bagi sebagian siswa pelajaran ini dinggap sulit, padahal akuntansi adalah bagian ilmu yang paling menyenangkan dalam program ilmu sosial. Tak ada asumsi sulit untuk pelajaran akuntansi jika kita telah mengetahui kunci atau rumus-rumus dalam akuntansi.
Rumus dalam akuntansi pun tidak serumit rumus dalam pelajaran Matematika, Fisiska, dan Kimia. Inilah tips belajar akuntansi yang sangat sederhana.
1. Memahami sistem persamaan dasar akuntansi
Sistem persamaan dasar akuntasi adalah materi yang pertama dibahas dalam ilmu akuntansi. yang perlu diingat dalam persamaan dasar akuntasi adalah HARTA = UTANG + MODAL (H=U+M). Dimana pun dan kapan pun hal ini tidak akan pernah berubah. Tinggal kita mengingat nama akun apa saja yang termasuk harta.
2. Mengingat konteks kalimat dalam setiap soal
Untuk memudahkan kita dalam setiap menyelesaikan soal kita harus pandai mengingat konteks kalimat soal, karena biasanya soal dalam akuntansi tidak pernah berubah.
3. Mengingat letak atau posisi nama akun
Hal ini mungkin yang dianggap sulit bagi setiap siswa. Lima macam nama akun utama yang harus diingat yaitu:
a. Harta berposisi normal di Debit.
b. Utang berposisi normal di Kredit.
c. Modal berposisi normal di Kredit.
d. Pendapatan berposisi normal di Kredit.
e. Beban berposisi normal di Debit.
jika kita telah menguasai semua itu maka tak akan pernah kesulitan dalam belajar akuntansi. Berikan sugesti positif pada otak anda ketika akan mengerjakan sesuatu khususnya ketika akan belajar Akuntansi. Katakan Akuntansi mudah dan menyenangkan.
semoga bermanfaat.

Kegiatan apapun yang berhubungan dengan dengan keuangan pasti juga akan berhubungan dengan akuntansi. Karena menurut Komite Penyusunan Prinsip Akuntansi yang dibentuk oleh American Institute of Certified Public Accountant (AICPA), Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berdaya guna dan dalam bentuk satuan uang, dan penginterpretasian hasil proses tersebut. Jadi, dari definisi tersebut bisa disimpulkan bahwa siapapun yang hidupnya berhubungan dengan uang harus bisa menguasai akuntansi walaupun dalam bentuk pencatatan akuntansi sederhana. Mungkin bagi sebagian besar orang menganggap bahwa akuntansi adalah sebuah ilmu rumit yang tidak mudah dipelajari. Padahal sebenarnya tidak. Kita bisa belajar akuntansi dengan mudah bila kita mengetahui tips dan trik belajar akuntansi.

Berikut ini adalah cara mudah belajar akuntansi:

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempelajari prinsip dasar akuntansi seperti pinsip debit, prinsip kredit, dll. Itu adalah kunci utama dalam belajar akuntansi. Kuasai betul prinsip dasar akuntansi terlebih dahulu sebelum melangkah ke step selanjutnya. Karena bila kita baru menguasai setengah - setengah dan langsung belajar ke step selanjutnya, yang terjadi adalah kita akan kebingungan dan malah akan mempersulit kita untuk menguasai akuntansi.
Selalu mengasah pola pikir dengan logika. Seperti layaknya ilmu matematika yang berhubungan dengan logika, akuntansi juga demikian. Banyak hal - hal dalam akuntansi yang harus dipecahkan dengan menggunakan logika. Oleh karena itu, kita harus bisa emmbiasakan diri untuk berfikir secara logika.
Mulai membiasakan diri untuk membuat catatan kecil keuangan. Ini adalah salah satu bentuk latihan / belajar yang paling praktis dan sangat membantu kita dalam belajar akuntansi.
Setelah kita menguasai prinsip dasar ekonomi, terbiasa berfikir dengan logika, dan terlatih dalam membuat catatan kecil keuangan, maka langkah selanjutnya adalah kita bisa belajar tentang bentuk - bentuk laporan keuangan, seperti: neraja, laporan laba/rugi, dll.
Kemudian langkah terakhir dalam belajar akuntansi adalah kita harus selalu mengembangkan kemampuan akuntansi kita dengan sering praktek serta membaca buku-buku tentang perkembangan ilmu akuntansi.


Share

Komentar
Untitled Document

Pengumuman
Agenda
Ikuti Kita
Jejaring Sosial


Tautan
Statistik Pengunjung
info_pengunjung
IP : 34.228.30.69
Browser :
OS :
Visit : 7 Total: 3524
Hit : 35 Total: 13611
Online : 1 user

Program Studi Akuntansi | Politeknik Sekayu
Jl. Let. Munandar Kel. Kayuara, Kec. Sekayu, Kab. Musi Banyuasin
Prop. Sumatera Selatan - Indonesia [30711]
Telp.: 0714-321099 Fax.: 0714-321099
Email : prodi.ak@polsky.ac.id
Web : ak.polsky.ac.id
Jejaring

© 2017-2018 Prodi Akuntansi | UPT Jarkom Sisfo Politeknik Sekayu [polsky]
 
Loading Time : 0.079